Selasa, 16 Maret 2010

LATAR BELAKANG TERCIPTANYA TEKNOLOGI PENDIDIKAN BESERTA PENGERTIANNYA

Latar belakang berkembangnya sebuah teknologi pendidikan pada saat ini karena berkembangnya sebuah lembaga pendidikan yang modern pada sekarang ini. Oleh karena itu, dengan perubahan zaman yang semakin kompleks serta perubahan secara sistimatis, maka sebuah institusi pendidikan akan mengikuti hal demikan, hal ini tidak terlepas dari produk-produk pendidikan itu sendiri, contohnya saja dari hasil pendidikan terciptanya sebuah alat yang canggih.
Menurut para ahli cheez, pengertian teknologi pendidikan adalah suatu cara yang sistematis dalam mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi proses keseluruhan dari belajar dan pembelajaran dalam bentuk tujuan pembelajaran yang spesifik, berdasarkan penelitian dalam teori belajar dan komunikasi pada manusia dan menggunakan kombinasi sumber-sumber belajar dari manusia maupun non-manusia untuk membuat pembelajaran lebih efektif.
Ada pula yang mengatakan bahwa pengertian teknologi pendidikan adalah satu bidang/disiplin dalam memfasilitasi belajar manusia melalui identifikasi, pengembangan, pengeorgnasiasian dan pemanfaatan secara sistematis seluruh sumber belajar dan melalui pengelolaan proses kesemuanya itu.
Selain itu, pengertian teknologi pendidikan adalah proses kompleks yang terintegrasi meliputi orang, prosedur, gagasan, sarana dan organisasi untuk menganalisis masalah dan merancang, melaksanakan, menilai dan mengelola pemecahan masalah dalam segala aspek belajar manusia. Tapi, sudah jelas menurut pengertian ini bahwa obyek formal teknologi pendidilkan adalah memecahkan masalah belajar manusia. Dilakukan dengan cara menganalisis maslah terlebih dahulu, baru kemudian melaksanakan, menilai dan mengelola pemecahan masalah tersebut. Jadi, menurut konsep ini tujuan utama teknologi pembelajaran atau pendidikan adalah membuat agar suatu pembelajaran atau pendidikan lebih efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar